Liver

on Sabtu, 09 April 2016
Salah satu organ penting yang dimiliki oleh manusia adalah hati. Organ yang satu ini berperan penting dalam melakukan berapa proses yang membantu proses metabolisme tubuh kita. Fungsi hati sendiri ada empat yaitu mengubah betakaroten menjadi vitamin A, menyimpan glikogen, merombak sel sel darah merah yang mati dan penetralan racun.

Sayangnya fungsi organ hati juga dapat mengalami gangguan bahkan kerusakan akibat dari berbagai faktor.Jika gangguan ini tidak segara diatasi oleh pengobatan yang tepat maka penyakit hati tersebut dapat berkembang menjadi penyakit liver. Penyebab penyakit liver sendiri banyak ragamnya.



Penyebab Penyakit Liver dan Pengobatannya

Berikut akan dijelaskan penyebab penyakit liver dan pengobatannya. Penyebab penyakit yang satu ini ada beberapa. Pertama, penyakit ini disebabkan oleh infeksi kronis pada penderita hepatitis yang sudah berkelanjutan. Kedua, para peminum alkohol dan obat-obatan terlarang juga beresiko tinggi terkena penyakit liver. Selain itu mengkonsumsi obat medis secara sembarangan tanpa adanya resep atau anjuran dokter dapat meningkatkan resiko kerusakan pada organ hati.

Mulailah hidup sehat dari sekarang. Pantau kondisi kesehatan Anda dengan alat kesehatan yang akurat, dapatkan di Glorya Medica.

Semua faktor penyebab di atas jika tidak memperoleh pengobatan akan menimbulkan gejala yang disebut sirosis hati. Sel-sel hati akan mengalami peradangan bahkan kematian sel akibat dari penyebab di atas. Jika fungsi hati sudah mulai menurun maka berbagai macam aktivitas yang bergantung pada organ hati akan terganggu. Pengobatan medis yang dilakukan untuk pasien pada tahap awal umumnya adalah mengatasi penyebabnya.

Jika penyebab penyakit liver tersebut karena masalah infeksi maka pemberian obat untuk mengatasi infeksi akan membantu menghambat proses kerusakan hati. Menghentikan konsumsi alkohol dan mengurangi asupan garam juga dapat membantu menyelamatkan fungsi organ hati anda. Jika organ hati sudah mengalami disfungsi yang cukup kronis maka perlu dilakukan tindakan medis lanjutan untuk mengatasi masalah tersebut. Operasi dapat dilakukan dengan dua metode. Yang pertama yaitu dengan memotong bagian hati yang mengalami kerusakan agar tidak semakin menyebar ke bagian organ yang sehat. Kedua adalah dengan melakukan transplantasi hati dari pendonor.




Penyebab Penyakit Liver dan Pencegahannya

Jika anda sudah mengetahui penyebabnya dan berbagai macam resiko yang harus diambil jika menderita penyakit liver maka sebaiknya anda lebih memahami dan menerapkan cara mencegahnya agar anda dan keluarga terhindar dari penyakit yang mematikan ini. Sebaiknya anda hindari rokok, minuman beralkohol dan mengkonsumsi obat-obatan sembarangan agar terhindar dari berbagai gangguan hati akibat toksin atau racun yang berasal dari bahan kimia di atas.

Selanjutnya anda juga tidak boleh sembarangan jajan di pinggir jalan karena virus hepatotis bisa menjangkit nada yang mungkin sedang berdaya tahan tubuh lemah. Lakukan aksi hepatitis A dan B saat balita pada anak untuk menghindari infeksi di kemudian hari. Lakukan pemeriksaan rutin terhadap berbagai macam organ vital tubuh kita secara rutin minimal dua tahun sekali. Jangan remehkan penyakit yang satu ini karena jika telat diatasi maka akan menjadi penyakit yang bisa merenggut nyawa anda dan keluarga.

Nah, sekarang anda sudah lebih memahami tentang penyebab penyakit liver yang sungguh berjaya jika tidak mendapat penanganan medis yang tepat dan sedini mungkin. Pergilah ke dokter jika anda mendapati diri anda maupun keluarga yang mengalami gejala gejala yang mengarah ke penyakit liver semisal demam dan pembengkakan pada area perut agar tak terlambat.

Mengenali tanda-tanda penyakit liver merupakan salah satu cara mengurangi resiko yang lebih besar terhadap penyakit hati dalam tubuh seseorang. Seperti yang kita ketahui, hati merupakan organ dalam tubuh yang terletak dibawah tulang rusuk pada bagian kanan perut kita. Fungsi hati adalah untuk membantu mencerna makanan dan membersihkan racun dalam tubuh kita, sehingga ketika hati mengalami permasalahan berarti sistem pencernaan dan pembasmian racun berbahaya dalam tubuh menjadi tidak maksimal.




Apa Penyebab Penyakit Liver


Penyakit Liver dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya karena faktor keturunan (genetik) maupun disebabkan oleh faktor lain seperti adanya virus yang merusak hati, obesitas atau karena penggunaan alkohol yang berlebihan. Berikut ini saya kategorikan beberapa penyebab penyakit liver bagi seseorang agar anda bisa mengenal lebih jauh tentang penyakit ini.


A. Penyakit Liver Karena Virus

Virus dapat menyerang hati dan menginfeksi hati, kejadian ini menimbulkan peradangan pada hati sehingga fungsi hati seperti membantu mencerna makanan dan membersihkan racun tidak bekerja secara maksimal. Virus hari dapat dikategorikan menjadi hepatitis A, B dan C. Virus hepatitis A biasanya menimbulkan tejadinya hepatitis akut yang tidak bisa anda kenali hingga 2-6 minggu, ini yang membuatnya lebih berbahaya dibandingkan virus hepatitis B dan C yang cenderung terjadi pada penyakit hepatitis kronis atau menahun. Virus Hepatitis ini biasanya menyebar melalui darah, air mani, dan makanan yang terkontaminasi. Karena anda bisa tertular karena kontak langsung dengan penderita hepatitis, hindari kontak tersebut terlebih dahulu agar virus tidak menyebar kedalam tubuh anda.


B. Kelainan Sistem Kekebalan Tubuh

Anda juga bisa terkena penyakit liver karena adanya kelainan pada sistem kekebalan tubuh anda. Penyakit yang menyerang sistem kekebalan pada bagian tertentu dalam tubuh atau autoimun dapat mengakibatkan penyakit liver. Contohnya :

  • Hepatitis autoimun
  • Primary biliary cirrhosis
  • Primary sclerosing cholangitis


C. Faktor Keturunan / Genetika

Karena sifat penyakit hati yang bisa menular dalam aliran darah, penyakit liver bisa terjadi karena faktor keturunan / genika. Gen abnormal yang diperoleh dari salah satu orang tua atau garis keturunan yang memiliki penyakit hati beresiko menularkannya dan menyebabkan kerusakan pada hati. Contoh penyakit hati yang disebabkan faktor keturunan adalah :

  • Hemochromatosis
  • Hyperoxaluria dan oxalosis
  • Penyakit Wilson


D. Penyakit Liver Karena Kanker

Kanker juga bisa mengakibatkan kerusakan pada hati, hal ini karena ganasnya kanker tersebut membuat fungsi hati akan berkurang sangat cepat dan tidak bisa melakukan tugasnya sebagaimana mestinya. Contoh penyakit liver karena kanker :

  • Kanker hati
  • Kanker saluran empedu
  • Hati adenoma


E. Fakor lain

Faktor lain yaitu kerusakan pada hati yang tidak disebabkan karena virus dan faktor genetika, namun lebih karena pola hidup yang tidak sehat, diantaranya:

  • Penyalahgunaan alkohol kronis
  • Gumpalan lemak yang memenuhi hati




Tanda-Tanda Penyakit Liver


Setelah kita mengetahui apa saja yang mengakibatkan penyakit liver, kini saatnya mengetahui tanda-tanda / gejala penyakit liver. Gejala ini bisa berbeda-beda namun secara umum tanda-tanda penyakit liver ini bisa membantu anda mengurangi resiko yang jauh lebih besar dan berbahaya.

  • Kulit dan mata yang muncul kekuningan ( jaundice)
  • Nyeri perut dan pembengkakan
  • Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki
  • Kulit gatal
  • Warna urin gelap
  • Warna tinja pucat, atau disertai dengan darah
  • Kelelahan kronis
  • Mual atau muntah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Kecenderungan untuk mudah memar







Sumber: Anggaputra.com

             Mulaisehat.com

5 komentar:

Unknown mengatakan...

ngeri mbak

Unknown mengatakan...

oh gitu thanks infox

Unknown mengatakan...

bermanfaat sekali

Unknown mengatakan...

good post

Unknown mengatakan...

good post min

Posting Komentar