Kolestrol

on Sabtu, 02 April 2016
Jika Anda pergi ke dokter dan ia memberitahu Anda tingkat kolesterol Anda, Anda biasanya diberitahu JUMLAH kolesterol yang ada dalam darah Anda. Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana kolesterol masuk ke dalam darah Anda? Beberapa kolesterol yang diserap tubuh berasal dari makanan yang Anda makan.



Mengapa tubuh PERLU kolesterol?    
Tubuh manusia membutuhkan kolesterol untuk membuat hormon penting salah satunya hormon estrogen dan testosteron. Selain itu, kolesterol adalah bagian dari pelindung yang mengelilingi saraf dan membran sel lainnya. Kolesterol merupakan zat lemak yang berbentuk seperti substansi.

Makanan apa saja yang mengandung kolesterol?
Makanan yang berasal dari hewan adalah makanan yang HANYA mengandung kolesterol. Seperti daging , keju , susu, dll. Makanan yang berasal dari nabati adalah makanan yang TIDAK mengandung kolesterol. Sebenarnya ada sejumlah faktor yang mempengaruhi tingkat kolesterol darah Anda. Tetapi makanan adalah faktor penting yang banyak berperan dalam meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.
Sebelum membeli makanan dianjurkan untuk membaca label makanan terlebih dahulu untuk melihat apakah makanan tersebut rendah kolesterol atau tidak. Bagaimana Anda tahu jika produk tersebut rendah kolesterol? Biasanya dikemasan tertulis di INFORMASI NILAI GIZI, makanan tersebut low-fat atau tidak.
Petunjuk per saji untuk kolesterol:
  1. Bebas Kolesterol – Persentase kurang dari 2 mg kolesterol dan kurang dari atau sama dengan 2 g lemak jenuh
  2. Rendah Kolesterol – Kurang dari atau sama dengan 20 mg kolesterol dan kurang dari atau sama dengan 2 g lemak jenuh
  3. Mengurangi ATAU Kurang Kolesterol – Sedikitnya 25% lebih sedikit kolesterol daripada yang asli dan Kurang dari atau sama dengan 2 g lemak jenuh
Lemak jenuh meningkatkan tingkat kolesterol “jahat” LDL dalam darah.
Kadar lemak tak jenuh sebenarnya lebih rendah dari kadar kolesterol LDL. Selain dapat menurunkan kolesterol “jahat” LDL, lemak tak jenuh ganda juga menurunkan kolesterol “baik” HDL.
Untuk manfaat maksimal dan efektivitas, Anda harus terus makan makanan rendah lemak dan kolesterol dan terus berolahraga.
Secara medis, dokter telah menggunakan obat untuk mengendalikan kadar kolesterol darah. Obat penurun kolesterol yang dikenal sebagai “agen antihyperlipidemic”. Salah satu contoh obat traditional yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah yaitu : rebusan air daun salam, daun salam selain berguna untuk penyedap masakan karena mempunyai zat flavonoid dan tannin yang dapat berfungsi menurunkan kolesterol.



Lima Hal Anda Perlu Tahu Tentang Kolesterol Tinggi
  1. Kolesterol Tinggi Anda Bisa Menjadi Penyebab Kematian Anda.
    Kolesterol tinggi adalah faktor risiko yang paling signifikan untuk penyakit jantung koroner. Untuk mencegah hal ini, cari tahu sekarang apakah Anda memiliki kolesterol tinggi. Jika kadar kolesterol Anda tinggi, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menurunkannya.
  2. Apakah Tubuh Anda Butuh Beberapa Kolesterol
  3. Berapa Banyak Kolestrol yang Anda Miliki?
    Jika Anda tidak mengetahui tingkat kolesterol darah Anda, Anda perlu untuk mengeceknya. Jadi jika tingkat kolesterol Anda adalah 800, itu berarti Anda memiliki 800 miligram kolesterol dalam setiap sepersepuluh dari satu liter darah. Dan itu berarti anda memiliki tingkat kolesterol yang sangat tinggi. Karena kadar kolesterol normal adalah 200 mg/dL.
  4. Ada 3 Macam Kolesterol.
    Jumlah kolesterol total terdiri dari tiga jenis kolesterol:
    - Kolesterol LDL, juga dikenal sebagai kolesterol jahat.
    - Kolesterol HDL, atau kolesterol baik, dan
    - Kolesterol VLDL (yang tidak dianggap begitu penting).
    Dokter menyarankan agar Anda menjaga kolesterol LDL Anda tingkat di bawah tingkat kolesterol 100 mg / dL, dan HDL di atas 40 mg / dL.
  5.  Anda Bisa Mengurangi Kolesterol Tinggi Anda.
Untuk mengurangi kolesterol total, dokter dan ahli gizi merekomendasikan makan sedikit lemak,dan  makan lebih banyak  makanan yang  mengandung    serat tinggi (seperti oatmeal, misalnya) dan olahraga, misal aerobik yang meningkatkan fungsi kardiovaskular kita.

Kolesterol Merupakan Bahaya yang Tak Terlihat.
Kolesterol tidak lebih dari sebuah asosiasi steroid, lipid dan alkohol yang ditemukan dalam membran sel dari seluruh jaringan tubuh. Hal ini diangkut ke darah dan dapat ditemukan di semua binatang. Kolesterol mempunyai Rumus Kimia kolesterol C27H45OH.
Banyak hal yang telah dikatakan tentang kolesterol. Beberapa dokter hanya menganjurkan diet bebas makanan yang mengandung kolesterol dan beberapa yang lain masih mengijinkan makan makanan dengan kolesterol walaupun dengan kadar tertentu.

LDL dan HDL: apa bedanya?
LDL (low density lipoprotein) dan HDL (high density lipoprotein) adalah jenis kolesterol. Masing-masing dengan peran yang berbeda, tetapi mereka semua sama.
Kolesterol LDL adalah yang biasa disebut “kolesterol jahat” karena dalam tingkat tinggi LDL dapat menyebabkan penyakit koroner. HDL adalah yang dianggap sebagai “kolesterol baik”. Ingatlah bahwa semakin tinggi kadar LDL dan semakin rendah kadar HDL dapat menyebabkan arteriosklerosis ( penyempitan pembuluh nadi), sekaligus menjaga tingkat rendah kadar LDL dan HDL yang tinggi membantu mencegah hal tersebut terjadi.
Orang selalu khawatir tentang tingkat normal kadar kolesterol. Berikut ini adalah panduan sederhana untuk kolesterol:
  • Kolesterol total: harus dijaga di bawah 200
  • LDL kolesterol: harus dijaga di bawah 130
  • HDL kolesterol: harus dijaga 60 atau lebih tinggi
Yang paling penting tentang kolesterol, mengabaikan semua angka-angka ini, harus dilakukan dengan hanya menjaga di bawah 200.
 

Beberapa Hal yang Dapat Mencegah kolesterol tinggi
Orang bisa melakukan beberapa hal untuk mencegah kolesterol tinggi dari terjadi dan untuk mengurangi kadar kolesterol jika mereka sudah tinggi:
  1. Sering Olahraga
  2. Berhenti merokok
  3. Hindari makanan Junk Food
  4. Makan banyak sayur dan buah segar
  5. Minum jus dan teh BUKAN minuman bersoda
  6. Hindari minuman beralkohol
  7. Menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas. 



 

Yang paling penting untuk dilakukan adalah untuk menjaga kolesterol di bawah kontrol. Pepatah mengatakan bahwa “Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati”.

10 komentar:

Unknown mengatakan...

bagus mbak

Unknown mengatakan...

bermanfaat sekali

Unknown mengatakan...

nice post

nur ramadhani mengatakan...

nice post

Unknown mengatakan...

thanks infox

Unknown mengatakan...

good post

Unknown mengatakan...

bagus

Unknown mengatakan...

banyak manfaatnya min

Unknown mengatakan...

nice post

Unknown mengatakan...

thx infonya min jadi tau koresterol itu jahat:(

Posting Komentar