Penyakit Diabetes

on Selasa, 23 Februari 2016
Diabetes merupakan gangguan metabolisme dari distribusi gula oleh tubuh. Penderita diabetes tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau tubuh yang tak mampu menggunakan insuin secaa efektif, sehingga terjadilah kelebihan gula di dalam darah. Kelebihan gula yang kronis di dalam darah (hiperglikemia) ini menjadi racun bagi tubuh.
Tanda dan gejala yang sering dikeluhkan pasien diabetes mellitus antara lain : sering buang air kecil dimalam hari, sering merasa haus, cepat merasa lapar, berat badan turun dengan cepat, merasa lemah dan gampang kelelahan, sering kesemutan di kaki dan tangan, penglihatan kabur, sering infeksi, keputihan, luka atau memar yang sukar sembuh (gangren), bisul, kulit kering atau gatal-gatal.
Komplikasi Diabetes
Apabila dibiarkan tak terkendali serta tanpa perawatan yang memadai, kondisi diabetes ini dapat menimbulkan komplikasi penyakit yang berakibat fatal, seperti kerusakan saraf (Neuropathy), otak (cerebrovaskular), gangguan mata (retinopathy), penyakit jantung (kardiovaskular), penyakit ginjal (nefropathy), impotensi, gangguan pencernaan, komplikasi di mulut (gigi mudah lepas), mudah terinfeksi, kelainan kulit (gatal-gatal biasanya di sekitar kemaluan) dan luka membusuk (gangren)

Penyakit Diabetes – Kadar gula darah jika pada ukuran normal maka akan sangat berguna untuk tubuh, tetapi jika kadar gula darah berlebihan bisa menyebakan penyakit diabates. Penyakit diabetes akan terjadi jika kadar gula darah terlau tinggi da tiadk kunjung untuk turun, karena di picu oleh gangguan pada tubuh yang mengalmai kerusakan atau penurunan fungsi nya. penyakit diabetes juga banyak dialami oleh orang tua, namun remaja hingga orang dewasa pun memiliki resiko yang sama untuk terkena penyakit diabetes. Penggunaan rokok serta minuman yang mangandung alkohol dalam jangka waktu juga dapat memiliki ressiko untuk mengalami penyakit diabetes. Sehingga penyakit daiabetes juga bisa terjadi akibar pengaruh gaya hidup.

Penyakit diabates tidak akan terjadi jika kadar gula darah di dalam tubuh dapat di atur hingga stabail atau tidak naik terlalu tinggi. atau penyakit diabetes juga tidak akan terjadi jika kondisi organ pankreas sehat dan tidak mengalami kerusakan. dan hal itu ada terjadi oleh siapapun karean ada nya faktor yang mendukung nya. oleh sebab itu berikut penyebab diabetes bisa terjadi karena faktor seperti di bawah ini :
§  Kurang gerak
§  Obesitas
§  Usia
§  Gaya hidup
§  Asupan makanan

Gejala Penyakit Diabetes
Gejala penyakit diabtes dapat di ketahui dengan mudah, karena gejala diabetes selain dapat di rasakan oleh penderita nya juga akan mudah untuk di lihat oleh orang lain atua pun dokter. dan gejala diabetes yang mungkin terjadi ada di bawah ini :
§  Penurunan berat badan
Gejala diabetes juga bisa dengan di tandai penurunan berat abdan seacra drastis dan juga secara tiba tiba. Penurunan berat badan yang begitu cepat akan di rasakan pada penderita penuyakit diabetes.
§  Warna kulit mengalami perubahan
Jika di sekitara kulit leher memiliki warna hitam seperti hal nya ulit yang kotor, dan walupun telah di bersihkan tidak mengalami perubahan maka hal itu merupakan gejala penyakit diabetes yang bisa terjadi. Karena ada nya peningkatan gula darah yang terlalu tinggi akan berpengaruh pada warna kulit.
§  Mudah lelah, lapar, dan haus
Rasa laleh, lapar dan juga haus yang mengalami peninkatan yang tidak seperti biasa nya juga gejala diabetes yang akan terjadi. Rasa lelah dan rasa lapar yang sangat luar biasa yang akan terajadi bersamaan pada gejala diabetes.
§  Terjadi infeksi
Tubuh yang sering terinfeksi oleh virus hingga kuman dan bakteri juga bisa dialami pada saat gejala diabetes. Infeksi yang paling sering terjadi pada mulut, sehingga gusi akan sering terluka atau mengalami masalah. infeksi pada salura kemih juga dapat dialami pada saat gejala diabetes. Karena pada gla diabetes kekebalan daya tahan tubuh akan menurun dan akibat nya tubuh tidak kuat terhadap serangan virus dari luar tubuh.
§  Proses penyembuhan luka yang lam
Jika penderita diabetes memilili luka yang ringan atau pun luka yang parah, makan akan sulit untuk di sembuhkan. Bahkan luka yang ada bisa menjalar ke organ tubuh yang lain nya.
§  Kesemutan
Kesemutan pada tanga dan juga kaki juga isa sering dialami pada gejala diabetes. Hal ini dikarenakan oleh ada nya gangguan pada aliran darah di dalam tubuh sehingga kesemutan dapat berlangsung lama.
Cara Mengatasi Penyakit Diabetes
Penyakit diabetes dapat diatasi dengan mudah jika bisa menjaga gula darah di dalam tubuh agar tetap normal. sehingga penyakit gula atau penyakit diabetes dapat diatasi dengan baik, dan jika ingin mengatasi penyakit diabetes bisa melakukan cara seperti berikut :
§  Olahraga
Cara mengatasi penyakit diabetes yang bisa dengan mudah untuk di lakukan yaitu dengan olaharag,. Karena dengan olahraga bisa membantu kadar gula darah menjadi lebih normal dan juga akan membantu untuk menjaga tekanan darah. Oleh sebab itu jika ingin terhindar dari penyakit diabetes atau ingin mengatasi nya bisa dengan menerapkan olaharaga dengan baik setiap hari nya atau setiap minggu nya.
§  Manjaga berat badan
Berat badan juga harus di jaga degan baik agar tidak merusak tulang dan juga untuk mengatasi penyakit diabetes. Berat badan yang terlalu berlebihan atau hingga mengalami obesitas bisa menimbulkan berbagai penyakit di dalam tubuh. untuk menjaga berat bdan bias dengan olahraga dan asupan makanan yang di jaga dengan baik.
§  Minum air putih
Air putih juga bisa membantu untuk mengatasi penyakit diabetes, tekanan darah tinggi dan juga kadar gula darah dapat di atur dengan baik, oleh air putih yang cukup di dalam tubuh, oleh sebab itu jika ingin menjaga kadar gula darah dan tekanan darah bisa dengan mengkonsumsi air putih yang cukup.
§  Menjaga asupan makanan
Mengatasu penyakit diabetes juga bisa degan mudah oleh asupan makanan. asupan makanan yang bisa memicu naik nya kolesterol yang banyak mangandung lemak jenuh, dan juga makanan yang kandungan gula nya tinggi sebaik nya tidak lagi di konsumsi untuk mengatasi penyakit diabetes. Makanan makanan yang sehat mulai dari sekarang agar organ tubh menjadi lebih sehat dan tidak mudah untuk terserang penyakit.
§  Mengkonsumsi buah mengkudu
Mengkonsumsi jus buah mengkudu setiap hari nya juga akan mmebantu untuk mengatasi penyakit diabetes dan juga menjaga gula darah.


Sumber : gejaladiabetes.com

7 komentar:

privacy policy mengatakan...

info penyakit hati kak

Unknown mengatakan...

bagus mbak saya jadi nambah pengetahahuan

Unknown mengatakan...

Kak, kalo ada keturunan diabetes yak apa?

Unknown mengatakan...

good post

Unknown mengatakan...

bermanfaat sis

Unknown mengatakan...

ijin copy post yaa

Unknown mengatakan...

bagus

Posting Komentar