Paru-Paru Basah

on Kamis, 31 Maret 2016
Paru-paru basah (pneumonia) adalah peradangan pada paru-paru yang biasanya disebabkan oleh infeksi. Paru-paru basah dapat juga disebabkan karena menghisap iritan seperti muntahan, cairan, atau bahan kimia. Dengan Paru-paru basah, kantung udara dalam paru-paru dipenuhi cairan atau nanah, yang akan mengganggu kemampuan paru-paru ‘untuk mentransfer oksigen ke darah.
Penyebab paru-paru basah juga dapat dialami bagi orang yang menghirup cairan atau bahan kimia yang berbahaya. Penderita penyakit paru-paru basah memiliki kantung udara dalam paru-paru yang dipenuhi cairan atau nanah yang mengganggu kerja paru-paru untuk mentransfer oksigen ke darah. Berikut gejala, penyebab, pencegahan dan pengobatan penyakit paru-paru basah



Penyebab paling umum paru-paru basah adalah karena infeksi, yang dapat disebabkan oleh:
    1.Kebanyakan jenis Paru-paru basah dapat ditularkan dengan cara yang sama seperti halnya pada influenza atau flu biasa. Bahkan, virus yang sama yang biasanya menyebabkan pilek dan flu juga dapat menyebabkan Paru-paru basah. Jika menginfeksi tenggorokan, sinus, dan saluran pernapasan bagian atas, virus dapat menyebabkan pilek. Jika mencapai paru-paru, maka bisa  menyebabkan Paru-paru basah.

    2.Bakteri yang hidup secara permanen di tenggorokan pada banyak orang, yang lebih parah bisa menyebabkan paru-paru basah. Biasanya, karena sistem kekebalan tubuh yang menurun . Jika seseorang dilemahkan oleh virus tenggorokan, maka bakteri ini bisa masukke bawah ke dalam saluran pernapasan. Paru-paru basah paling sering disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae (pneumococcus).

    3.Virus RSV (RSV) adalah penyebab paling umum paru-paru basah pada bayi dan anak-anak. Biasanya bukan merupakan penyakit yang mengancam kehidupan, meskipun pada beberapa individu dapat berdampak serius. Virus yang biasanya menyebabkan sekitar setengah dari semua kasus Paru-paru basah.

    4.Mycoplasma yang menyebabkan penyakit yang disebut “pneumonia berjalan,”- disebut demikian karena orang-orang yang mengidap tidak terbatas hanya bisa tinggal pada tempat tidur.

    5.Jamur yang disebut Pneumocystis carinii biasanya hanya terdapat pada orang yang dengan AIDS. Parasit ini biasanya tidak berbahaya, tetapi pada orang dengan HIV dapat menyebabkan paru-paru basah agresif dan seringkali berakibat fatal.

    6.Selain penyakit menular, orang juga bisa mendapatkan paru-paru basah dari bahan kimia yang masuk ke paru-paru. Pencetus paru-paru basah disebabkan oleh ketidaksengajaan menghirup makanan, muntahan, atau asam pencernaan ke dalam paru-paru. Karena hal ini paru-paru dapat terinfeksi, atau mungkin dapat merangsang paru-paru dan menyebabkan terisi dengan cairan.


    Orang yang memiliki risiko tinggi terkena paru-paru basah:
    • Berada di bawah usia satu tahun atau di atas usia 65
    • Seorang perokok
    • Sedang pilek atau flu
    • Memiliki sistem kekebalan yang lemah  akibat terapi kanker, infeksi HIV, atau penyakit lainnya
    • Menjalani operasi
    • Memiliki masalah dengan penggunaan alkohol
    • Memiliki penyakit kronis seperti penyakit jantung, penyakit paru-paru, atau diabetes
    • Memiliki penyakit paru-paru kronis, seperti asma atau penyakit paru obstruktif kronik

    Gejala dan Komplikasi Paru-paru basah
    Gejala Paru-paru basah dapat bervariasi tergantung pada penyebab  dan kesehatan umum dari orang yang memiliki radang paru-paru.
    1.Paru-paru basah selalu menyebabkan batuk, yang juga seringkali menghasilkan dahak. Dahak Merah-coklat, hijau, atau kuning sputum mungkin merupakan tanda dari infeksi bakteri. Dahak tipis dan keputihan merupakan indikator kemungkinan karena Mycoplasma atau virus pneumonia.
    2.Pada Paru-paru basah yang karena bakteri, semua atau bagian dari paru-paru perlahan-lahan terisi dengan cairan,  dalam proses yang disebut konsolidasi. Beberapa infeksi bakteri pada paru-paru berkembang selama hanya beberapa jam. Biasanya disertai demam tinggi, kadang-kadang suhu tubuh naik ke 40,9 ° C (105 ° F).
    Gejala lain yang mungkin termasuk:
    • sesak napas
    • gemetaran
    • panas dingin
    • sakit kepala
    • delirium (kebingungan)
    • bau mulut yang parah
    • nyeri otot
    • kelemahan
    • nyeri dada, terutama saat bernapas dalam-dalam
    • bibir dan kuku kebiruan karena kekurangan oksigen dalam darah
    Viral pneumonia tidak benar-benar akan menyebabkan paru-paru terisi dengan cairan, melainkan  mengobarkan jaringan paru-paru itu sendiri. Mereka biasanya lebih ringan dibandingkan infeksi bakteri. Pengecualian adalah virus influenza, yang bisa menjadi sangat serius.

    Biasanya, radang paru-paru akan menyebabkan gejala-gejala seperti ini:
    • batuk kering
    • dahak minimal
    • sakit kepala
    • nyeri otot
    • kelemahan dan kelelahan
    • demam sedang, sampai sekitar 39 ° C (102 ° F)
    • panas dingin
    • sesak napas
    • bibir dan kuku biru

    Mendiagnosis Paru-paru basah
    Ketika  mendiagnosis Paru-paru basah, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dengan memeriksa demam dan kelenjar bengkak. Juga dengan cara mendengarkan paru-paru dengan stetoskop. Sebagian besar infeksi karena bakteri dan beberapa virus dapat dideteksi dengan melihat melalui dahak atau tes darah. Penumpukan cairan pada  paru-paru dapat dilihat dengan sinar-X atau CT scan.

    Cara  Mencegah dan mengobati Paru-paru basah
    Paru-paru basah yang disebabkan oleh bakteri dapat diobati dengan antibiotik, seperti dapat yang disebabkan oleh Mycoplasma. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan antibiotik dengan resep persis seperti yang ditentukan oleh dokter,  jika Anda ingin merasa lebih baik. Tidak ada obat untuk infeksi virus yang paling cepat- namun hanya akan menunggu untuk sembuh. Dokter juga akan memberitahu Anda tentang cara untuk meringankan gejala pneumonia karena virus. Infeksi jamur juga dapat diobati dengan obat antijamur.

    Ada empat cara untuk mencegah Paru-paru basah.
    Yang pertama adalah makan banyak buah-buahan dan sayuran, tetap fit secara fisik, dan cukup tidur. Hal ini akan menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.
    Yang kedua adalah mendapatkan vaksinasi. Tidak ada vaksin bagi sebagian besar jenis paru-paru basah, tetapi ada dua jenis yang paling umum (virus influenza dan pneumococcus) yang dapat dicegah dengan vaksin. Di Kanada, Vaksin pneumokokus dikembangkan untuk anak-anak untuk melindungi terhadap penyakit yang disebabkan oleh Streptococcus pneumoniae dianjurkan sebagai bagian dari seri utama imunisasi untuk bayi.Vaksin pneumokokus juga direkomendasikan bagi yang berusia lebih dari 65 tahun, penderita jantung kronis dan penyakit paru-paru, dan mereka yang limpanya telah diangkat.
    Cara ketiga untuk mencegah Paru-paru basah adalah pergi dokter jika mengalami batuk yang terus memburuk setelah 3 atau 4 hari. Dokter Anda akan segera melihat dahak dengan darah, berwarna aneh, atau berbau busuk . Bahkan jika penyakit dimulai dengan demam, bakteri dapat dengan mudah menyebabkan infeksi sekunder yang bisa menyebabkan paru-paru basah yang serius.
    Cara keempat untuk membatasi penyebaran virus dan bakteri yang dapat menyebabkan Paru-paru basah adalah dengan sering mencuci tangan dengan benar, atau menggunakan pembersih tangan


      
    Sumber :     http://www.tipscaraterbaik.com
                       bodyandhealth.canada.com

    3 komentar:

    Posting Komentar