jerawat

on Rabu, 09 Maret 2016
Pengetian
Agnes atau biasa dikenal jerawat adalah penyakit peradangan  kelenjar sebasea yang sering dijiumpai dan berkaitan dengan folikel rambut(unit pilosebasea).
Agne vulgaris adalah suatu penyakit radang menahun dari unit pilosebasea disertai penimbunan keratinin(penyumbatan kelenjar sebasea)
Agne vulgaris atau jerawat adalah merupakan kelainan volikuler umum yang mengenai folikel  pilosebasea(polikel rambut yang rentan dan sering ditemukan di daerah muka,leher,serta badan.
Agne pada wanita berusia sekitar 20-40 an  dapat disebabakan oleh kosmetik dan pelembaba yang bahan dasarnya dari minyak dan dapat menimbilkan komedo. Faktor-faktor mekanik seperti mengusap atau menekan.


·         Penyebab
Dipengaruhi 4 faktor utama yaitu:
1.      Peningkatan ekskresi sebum
Hormon androgen yang meningkat pada masa  permulaan pubertas dapat menyebabkan pembesaran kelenjar dan peningkatan aktivitas kelenjar sebasea sehingga produksi sebum meningkat
2.      Penyumbatan saluran pilosebasea
Penyumbatan disini disebabkan oleh karena bentuk anatomi kelenjar sebasea yang mempunyai saluran keluar yang lebih kecil sehingga terdapat tahapan pengeluaran sebum yang mudah terjadi penyumbatan. Selain itu kerarinin disini lebih sulit terlepas sehingga saling melekat satu sama lain yang mempermudah terjadinya penyumbatan
3.      Perubahan  komposisi lemak permukaan kulit
Sebum mengandung trigliserida,sduaren dan ester malam. Bila sebum mengalir keluar melalui saluran pilosebasea,trigliserida dihidrolisis oleh enzim lipase yang dihasilkan olehpropionis bakteri menjadi asam  lemak bebas. Sguaten dan asam lemak bebas yang meningkat pada penderita agne ini bersifat komedogenik sehingga menambah keratinisasi dalam saluran pilosebasea

·         Cara mengatasi 
      Jerawat tersebut tentu saja mengganggu penampilan. Wajah yang tadinya bersih dan mulus harus ternoda oleh jerawat yang mengganggu sehingga membuat penampilan menjadi kurang menarik. Jerawat membuat  menjadi minder dan kurang percaya diri. Jika mengalami masalah tersebut, tidak ada salahnya mencoba cara menghilangkan jerawat dibawah ini.
1.     Membersihkan wajah secara rutin.  Membersihkan wajah menggunakan sabun pH-balanced atau memakai sabun sulfur dapat menghilangkan kotoran dan bakteri yang terdapat pada kulit serta mengangkat sel-sel kulit yang telah mati. Sebaiknya hindari menggunakan sabun biasa atau sabun bayi untuk membersihkannya.
2.     Tidak lupa juga menggunakan obat jerawat. Siswi mungkin harus mencoba berbagai macam obat sebelum akhirnya siswi menemukan produk yang cocok dengan kulit wajah. Biasanya produk ini dipasarkan dengan bentuk kemasan dan harga pun sangat bervariasi. Perlu di ketahui Mahal tidak menjamin produk tersebut cocok dan bisa mengatasi masalah jerawat
3.     Berhati-hatilah dalam menggunakan produk kecantikan. Hanya menggunakan make-up, pelembab atau tabir matahari hanya yang tanpa minyak. Biasanya jika tertulis “nonacnegenic” atau “noncomedogenic” di label keterangan, produk tersebut lebih baik.
4.     Gunakan scrub seminggu dua kali. Juga oleskan acne lotions atau acne cream pada bagian kulit yang terkena jerawat. 
5.     Jangan memencet jerawat menggunakan tangan, karena ditakutkan akan terjadi infeksi jika tercampur dengan kuman atau bakteri yang masuk kedalam kulit.
6.     Gunakan masker dari bahan alami seperi masker ketimun, masker madu, masker kuning telur dan masker buah kenari untuk menghilangkan jerawat. 
7.     Mengubah pola makan diet siswi. Dengan Makan coklat, permen dan makanan berminyak dapat merubah gestur kulit Siswi. Batasi pula asupan junk food, lebih banyak memakan yang mengandung vitamin dan ganti gaya hidup Siswi agar lebih sehat. tidur yang teratur, dan jangan sampai tubuh siswi kekurangan cairan.
8.       Penggunaan bahan alami lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia berbaya. Jika Siswi merasa kesulitan untuk membuat masker dari bahan-bahan tersebut, berikut ini panduan membuat masker sebagai perawatan alami untuk menghilangkan jerawat.
9.     Masker ketimun, havermut, yogurt. Caranya haluskan satu ketimun bersama secangkir havermut menggunakan blender. Kemudian campurkan yogurt kedalam adonan tersebut, aduk hingga rata. Gunakan masker tersebut dengan cara dioleskan ke leher dan muka kemudian diamkan kurang lebih 30 menit. Usaplah menggunakan handuk yang telah direndam dengan air hangat. Bersihkan sisa masker menggunakan air hangat.
10.   Masker Madu. Masukkan madu kedalam botol kemudian panaskan menggunakan air hangat agar teksturnya lebih cair dan dapat dioleskan ke wajah. Kemudian oleskan pada leher dan wajah Siswi, tunggu hingga kurang lebih 30 menit. Kemudian bersihkan dengan kain handuk yang telah direndam menggunakan air hangat.
11. Masker Kuning telur. Ambil telur kemudian pisahkan kuning telur dan putih telur. Ambil kuningnya kemudian kocok didalam wadah, bisa piring atau mangkuk. Kemudian oleskan ke wajah hingga rata. Kemudian diamkan kurang lebih 15 menit sampai mengering. Lalu usapkan handuk basah untuk menghilangkan kuning telur. Terakhir bilas menggunakan air hangat.
12. Sebaiknya Siswi mencoba menemui dokter ahli untuk berkonsultasi atau bisa memberikan saran obat yang terbaik dan bagaimana pemakaian paling efektif tentang masalah wajah siswi yang berjerawat sehingga mulai mempemgaruhi penampilan dan kepercayaan diri siswi.
13. Masker Buah kenari dan yogurt. Caranya ambil kenari kemudian hancurkan sampai menjadi bubuk. Ambil bubuk tersebut kurang lebih 2 sendok teh untuk dicampurkan dengan yogurt polos. Setelah kedua bahan tersebut tercampur rata, gunakan untuk memijat wajah. Diamkan kurang lebih selama 20 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat.
     Adapun tips Cara menghilangkan jerawat yang sudah dijelaskan diatas.dengan melalui tips diatas aman bagi kesehatan dan tidak akan menyebabkan toksin bagi tubuh siswi. Tidak sama halnya dengan cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan kimia, bahan kimia terkadang dapat menyebabkan iritasi yang berkepanjangan.Tips cara menghilangkan jerawat berbahan kimia perlu diwaspadai terkadang dalam produk yang para siswi gunakan untuk penghilang jerawat mengandung merkuri (raksa) dan formalin sangat membahayakan bagi kesehatan kulit tubuh para siswi. Jangan sampai keinginan menghilangkan jerawat di wajah justru dapat merusak kecantikan wajah.
Cara penanggulangan dan pencegahan jerawat
Jerawat merupakan suatu keadaan kulit yang tidak normal yang disebabkan adanya gangguan akibat produksi kelenjar minyak berlebihan (sebaceous gland) yang menyebabkan penyumbatan pada saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Menurut Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 85% dari total penduduk di indonesia yang mengalami jerawat biasa nya pada usia 12-25 tahun dan sisanya 15% yang mengalami jerawat diatas usia 25 tahun. apabila jerawat tidak cepat ditangani akan mengakibatkan gangguan jerawat menetap hingga usia 40 tahun.
Untuk itu kita harus mengetahui apa saja penyebab jerawat mudah timbul hingga mengganggu penampilan, berikut ini adalah penyebab-penyebab umum dari timbulnya jerawat, diantaranya :
1.      Produksi kelenjar minyak yang berlebih
2.      penyumbatan pori-pori pada wajah
3.       Infeksi dari bakteri akibat kurangnya perhatian terhadap kebersihan wajah
Ada pula beberapa jenis jerawat yang dapat memicu munculnhya jerawat pada wajah,diantaranya :
1.      Komedo,merupakan pori-pori yang tersumbat pada wajah yang bersifat terbuka atau tertutup.
2.      Jerawat biasa muncul berupa tonjolan kecil yang berwarna pink atau kemerahan.
3.      Jerawat batu merupakan momok dari jerawat yang dikatakan sebagai jerawat yang sudah parah yang tidak hanya secara fisik,tapi juga penampilan seutuhnya dan kepercyaan diri 
     Cara untuk mempercantik wajah adalah dengan menggunakan masker,baik yang buatan ataupun masker secara alami ter buat dari berbagai jenis buah-buahan. Banyak sekali jenis buah-buahan yang dapat digunakan untuk membuat masker alami,beberapa di antaranya yang mudah temukan di supermarket adalah avokad,stroberi,tomat,lemon,dan anggur.
1.      Avoakad(alpukat)
Alpukat kaya akan asam amino dan vitamin sehingga cocok untuk digunakan sebagai masker pencegah penuaan dini pada kulit wajah.untuk yg mempunyai masalah kulit wajah kering,tumbuk daging alpukat matang dengan garpu,kemudian oleskan pada wajah.Biarkan selama 30 menit,lalu bilas dengan air hangat atau air mawar menggunakan kapas.untuk yang mempunyai kulit wajah yang normal,tambahkan putih telur yang dikocok sebentar.bagi yang mempunyai kulit lembab perlu ditambahkan pula madu,kemudian aduk rata dengan hancuran daging alpukat dan putih telur kocok.
2.      Stroberi
Buah stroberi ini banyak mengandung asam salisilat,yang merupakan salah satu jenis asam beta-hidkroksi yang membantu mengencangkan kulit ,silica,serta vitamin B,C,E,dan K yang berfungsi menyehatkan dan meremejakan kulit,masker stroberi ini baik digunakan untuk semua jenis kulit.
3.      Anggur
Buah anggur ini banyak mengandung kaya akan trace mineral , kalsium , magnesium potassium ,vitamin B1, B2 ,B3, B5, B6, C,dan senyawa-senyawa flavonoid. Hampir semua jenis anggur yang berbeda,dapat digunakan untuk lotion.Perlu diperhatikan bahwa jus anggur yang telah dibuat harus disaring terlebih dahulu.lalu oleskan pada wajah dengan menggunakan kapas.lalu diamkan selama 20 menit,setelah 20 menit bilas dengan air mawar.lotion anggur dapat digunakan setiap hari ,karena baik untuk semua jenis kulit,mulai dari kulit kering,lembab,ataupun kulit yang rusak.
4.      Lemon
Buah lemon banyak mengandung vitamin A,C,B1,B2,dan B3.yang sangat baik untuk kulit berminyak,namun lotionnya juga bekerja untuk kulit normal.dapat digunakan setiap hari.untuk membuat lotionnya tambahkan satu sendok teh jus lemon pada putih telur kocok.Oleskan pada wajah dan biarkan selama 10 menit.Setelah itu bersihkan dengan air mawar atau air hangat.
5.      Tomat
Buah tomat mengandung protein,fosfor,besi,belerang,vitamin A,B1,dan C. untuk menghaluskan wajah,ambil tomat yang sudah matang,lalu iris dan gosokkan pada wajah.Atau,bisa juga buah tomat diperas,kemudian perasannya dioleskan setiap hari ke wajah. sebagai pelindung wajah dari sengatan matahari.Ambil daun tomat secukupnya,lalu remas-remas dengan sedikit air,kemudian tempelkan pada wajah sebagai penyejuk wajah.
6.      Pisang
Buah pisang banyak mengandung serotinin,pektin,tanin,noradrenalin,hidrokasi tritamin,dopamin,dan berbagai vitamin,seperti vitamin A,B kompleks,dan C.sebagai pelembab kulit wajah.ambil pisang ambon yang sudah masak,lalu hancurkan,tambahkan minyak zaitun.gunakan dan ulangi secara teratur ramuan tersebut sebagai bedak.


8 komentar:

Unknown mengatakan...

bagus mbak

Unknown mengatakan...

menarik sekali hehe

Unknown mengatakan...

bagus mbak..

Unknown mengatakan...

thx infonya min

Unknown mengatakan...

bagus mbak

Unknown mengatakan...

good news

nur ramadhani mengatakan...

bermanfaat

Unknown mengatakan...

solusi yang bermanfaat

Posting Komentar